Sauna adalah tren yang bagus, dan mereka bahkan bisa membantu kesehatan Anda

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara hasil kesehatan positif tertentu dan penggunaan sauna reguler. Sebuah studi tahun 2015 yang mencakup lebih dari 2.300 pria paruh baya di Finlandia menemukan bahwa semakin sering seorang pria pergi sauna, semakin rendah risikonya terhadap penyakit jantung fatal dan kematian dini. Kelompok peneliti yang sama juga melaporkan adanya hubungan antara penggunaan sauna reguler dan risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah, dan antara penggunaan sauna sedang sampai berat dan risiko demensia yang lebih rendah, antara lain adalah manfaat.

Satu peringatan, selain fakta bahwa subjeknya adalah semua pria, apakah sauna begitu mendarah daging dalam budaya di Finlandia sehingga sulit menemukan siapa saja yang tidak menggunakannya. Jadi, tidak ada kelompok kontrol yang sama sekali tidak menggunakannya – hanya mereka yang sering menggunakannya.

Dan dengan jenis penelitian ini, tidak mungkin untuk mengetahui apakah itu sauna itu sendiri atau beberapa faktor terkait. Seperti Rita Redberg, seorang ahli jantung di UCSF Medical Center, menulis dalam sebuah catatan editor JAMA Internal Medicine yang menyertai studi tahun 2015, “Kami tidak tahu mengapa orang-orang yang menggunakan sauna lebih sering memiliki umur panjang yang lebih lama (apakah ini adalah waktu yang dihabiskan di tempat panas? ruang, waktu relaksasi, waktu senggang kehidupan yang memungkinkan waktu relaksasi lebih banyak atau persahabatan sauna). ”

Tanjaniina Laukkanen, seorang penulis studi dan peneliti di Universitas Finlandia Timur, mengatakan kepada Shots melalui email bahwa tim tersebut yakin bahwa panas dan relaksasi merupakan faktor penting. Tingkat denyut jantung meningkat dengan paparan panas tubuh penuh. Itu membantu meningkatkan curah jantung.

Sauna juga tampaknya memperbaiki fungsi pembuluh darah. Christopher Minson, seorang profesor fisiologi manusia di University of Oregon, mempelajari efek panas – dalam kasusnya, perendaman air panas – pada tubuh manusia. Dia mengatakan bahwa seperti olahraga, panas adalah stresor global, yang kemungkinan merupakan sejumlah mekanisme menguntungkan di seluruh tubuh. Dia meneliti terapi panas untuk orang-orang yang tidak dapat memperoleh manfaat penuh dari olahraga, seperti orang-orang dengan cedera tulang belakang.

Perbandingan ini untuk latihan tidak berarti Anda harus melewatkan pekerjaan jika Anda mampu melakukannya secara fisik. Studi lain dari tim Laukkanen menunjukkan bahwa ada beberapa efek independen dari latihan kardiovaskular dan penggunaan sauna, dan bahwa pria dengan bentuk aerobik yang baik dan sering memukul sauna memiliki hasil kardiovaskular yang lebih baik daripada mereka yang hanya cocok dengan salah satu kategori tersebut.

Jadi sebaiknya kita semua mengambil sauna biasa? Catatan editor Redberg tahun 2015 mengatakan bahwa “waktu yang jelas di sauna adalah waktu yang dihabiskan dengan baik.” Dia menjelaskan dalam sebuah email baru-baru ini kepada Shots, dengan mengatakan bahwa penelitian dan penelitian selanjutnya menunjukkan hubungan antara penggunaan sauna dan beberapa hasil kesehatan positif seperti tekanan darah rendah dan kemungkinan bantuan dari rasa sakit dan sakit kepala muskuloskeletal. Sauna adalah salah satu kegiatan santai dan menghilangkan stres yang dia rekomendasikan kepada pasien, termasuk pijat, yoga dan pilates. Dia juga merekomendasikan aktivitas fisik, terutama berjalan.

Tentu saja, ada peringatan. Orang yang pingsan atau yang memiliki tekanan darah rendah mungkin ingin berhati-hati, atau setidaknya minum banyak air sebelum dan sesudahnya, itulah saran bagus untuk semua penonton sauna. Jika Anda memiliki penyakit jantung yang tidak stabil, sebaiknya berhati-hati dan berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Dan bagaimana dengan sauna inframerah yang trendi sekarang?

Sementara sauna tradisional memanaskan udara di sekitarnya sampai sekitar 185 derajat, yang pada gilirannya akan memanaskan Anda, sauna inframerah (juga disebut sauna inframerah jauh) hanya mencapai sekitar 140 derajat, menurut sebuah ulasan 2009 tentang sauna inframerah dan kesehatan kardiovaskular. Tapi sinar inframerah menembus lebih dalam ke dalam tubuh, yang berarti Anda mulai berkeringat pada suhu yang lebih rendah daripada di sauna tradisional. Itu menghasilkan permintaan yang lebih ringan pada sistem kardiovaskular, serupa dengan berjalan moderat, sesuai dengan ulasan, dan mungkin bermanfaat bagi orang-orang yang tidak duduk-duduk karena alasan medis. Ini juga bagus untuk orang yang menyukai ide sauna, tapi temukan panasnya yang tidak menyenangkan.

Kajian tersebut, yang mencakup sembilan penelitian, menemukan “bukti moderat terbatas” untuk perbaikan tekanan darah dan gejala gagal jantung kongestif dengan sauna inframerah, dan beberapa bukti terbatas untuk perbaikan rasa sakit kronis. Sauna inframerah juga merupakan bagian dari terapi pinggang, yang digunakan di Jepang, yang terdiri dari 15 menit bertugas di bawah panas yang diikuti dengan istirahat selama 30 menit, terbungkus handuk.

Laukkanen mengatakan bahwa pekerjaan kelompoknya tidak dapat diterapkan secara langsung ke sauna inframerah, dan dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengeluarkan manfaat jangka panjang mereka. Apapun yang menarik bagi Anda, anggap saja Anda “berkeringat racun” untuk kepentingan kesehatan Anda (klaim pemasaran yang sering terjadi). Pengambilan racun terutama adalah tugas ginjal dan hati, bukan keringat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *